“Cheating Day” Itu Penting!

Berat badan bisa menjadi masalah yang sensitif, terutama bagi perempuan. Biasanya cara yang dilakukan agar angka di timbangan badan menjadi ideal adalah mengurangi porsi makan atau jatah makan. Beberapa perempuan bahkan melakukan diet ekstrim seperti hanya minum jus selama beberapa minggu, tidak menyantap karbohidrat, tidak makan daging, dan diet ekstrim lainnya.

Diet juga dilakukan selama beberapa bulan tanpa henti. Namun karena sering tak tahan godaan, perempuan malah tergoda untuk melanggar aturan diet dengan menyantap makanan berlemak favoritnya di akhir pekan. Ini sering menimbulkan perasaan bersalah, dan membuat program diet minggu selanjutnya menjadi lebih ketat.

Anda tak perlu merasa bersalah karena berbuat curang saat diet. Karena sebenarnya kecurangan ini tak salah-salah amat kok. Justru saat diet, Anda membutuhkan waktu “istirahat” diet setiap seminggu sekali. Ini gunanya:

1. Memperbaiki otot
Diet akan lebih efektif ketika dipadukan dengan olahraga yang tepat. Jika jadwal latihan Anda mencakup latihan kardio atau latihan beban, maka Anda butuh banyak makanan bergizi untuk mengembalikan stamina.

Masalahnya, ketika diet Anda sering tak memberikan makanan yang cukup untuk otot. Maka Anda butuh satu hari bebas diet (biasa disebut cheating day) untuk memulihkan kekuatan, sekaligus mempersiapkan diri untuk menjalankan latihan pada minggu depan. Jika disantap dalam jumlah yang tepat, makanan-makanan non-diet ini akan membantu memperbaiki dan memperkuat otot tubuh Anda.

2. Membahagiakan diri
Tak bisa dipungkiri bahwa diet adalah program yang cukup menyiksa diri. Tak boleh makan ini dan itu, harus membatasi porsinya, dan kadang-kadang harus menahan lapar. Aduh… rasanya membosankan dan menyebalkan. Pelatih pribadi para selebriti, Harley Pasternak, mengungkapkan bahwa sesekali berbuat curang saat diet akan membantu Anda merasa lebih bahagia karena Anda tak merasa kehilangan kesempatan untuk menikmati makanan lezat yang Anda sukai. Pasternak percaya bahwa menjadwalkan hari bebas diet ini justru akan menguatkan semangat diet Anda karena memberi harapan untuk menyantap apa saja.

3. Lebih mudah menghindari camilan
Hari bebas diet pasti akan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu dalam satu minggu. Pada hari tersebut Anda pasti tak akan menyia-nyiakan waktu untuk makan apa saja. Tim Ferris, penulis buku The 4-Hour Body, mengungkapkan, setelah memuaskan diri menyantap makanan yang diinginkan saat cheating day ini, Anda akan merasa bosan untuk menyantapnya lagi selama enam hari ke depan. Cara ini juga berfungsi untuk membuat Anda tidak penasaran pada rasa camilan yang diinginkan, dan tidak mencuri-curi waktu di tengah malam hanya untuk ngemil.

/* */